AC MOBIL dan SIRKULASI UDARA dalam Kabin.

Mengapa saat ac dihidupkan kabin menjadi sejuk pada saat tertentu? 
Mengapa jika kita mengoperasikan ac pada saat siang dan malam hari sejuk didalam kabin terasa berbeda? 
Mengapa jika malam hari kabin bisa lebih cepat sejuk daripada siang hari? 

Jawabannya karena PROSES SIRKULASI UDARA. Tanpa kita sadari sewaktu kita menghidupkan ac mobil, didalam kabin mobil terjadi proses sirkulasi udara. Sirkulasi udara ini berawal dari putaran blower yang menghisap udara/kalori panas didalam kabin, Sewaktu ac kita hidupkan, Compressor dan blower hidup secara bersamaan. 

Dimana saat compressor hidup terjadi proses sirkulasi freon di dalam system ac dan  karena adanya proses sirkulasi freon maka terjadi dingin atau penurunan suhu di evaporator. Dan fungsi blower pada saat hidup adalah menghisap dan meniupkan angin ke evaporator agar tidak terjadi pembekuan di evaporator. Selain itu tanpa kita sadari sebenarnya fungsi blower juga mensirkulasikan udara di dalam kabin mobil. Semua yang ada di dalam kabin dihisap tanpa terkecuali, yang mungkin tidak kita sadari sebenarnya yang di hisap oleh blower adalah KALORI PANAS yg ada di dalam kabin. Jika KALORI PANAS yg ada dlm kabin cepat di hisap dan di ikat di evaporator dan terus terjadi proses itu berulang ulang maka KALORI PANAS yg ada ada didlm kabin berangsur angsur berkurang dan itulah yang kita rasakan mengapa ruangan menjadi terasa sejuk. 

Maka mengapa sewaktu ac beroperasi lebih baik tidak membuka kaca jendela adalah supaya kerja Evaporator yg mengikat kalori panas tidak bertambah banyak oleh KALORI PANAS yg berasal dari luar mobil sewaktu jendela kita buka. Mengapa kabin atau ac terasa kurang sejuk sewaktu jendela terbuka? Jawabnya Karena adanya KALORI PANAS yg masuk ke dalam kabin. Mengapa kabin lebih cepat sejuk sewaktu ac beroperasi pada malam hari dari pada siang hari? Jawabannya pun sama karena suhu udara pada siang hari lebih tinggi di banding pada malam hari, sehingga kalori panas yang ada di dalam kabin lebih banyak siang hari daripada malam hari yang suhu udara luar lbh rendah, begitu pula suhu udara sewaktu hujan.

Utk meredam agar KALORI PANAS minimal masuk ke dlm kabin bisa di redam dengan kaca film dll. PROSES SIRKULASI UDARA dalam kabin yang dihisap dan ditiup blower ke evaporator selain KALORI PANAS juga debu debu karpet, jok, atau debu yg berasal dari luar kabin sewaktu kita buka kaca jendela. Itulah proses penumpukan Debu ke evaporator dan menjadikan angin yg berhembus terasa lebih kecil jika debu yang menempel di evaporator sudah terlalu tebal. Lalu bagaimana solusi? Solusi yang terbaik adalah Lakukan Service Perawatan Rutin minimal 1 tahun sekali pada Evaporator yang pasti diselimuti debu. 

Jika debu dibiarkan terlalu lama menempel di evaporator akan membuat evaporator menjadi lapuk/keropos dan dapat menyebabkan kebocoran, selain itu yang lebih PENTING kesehatan kita yang tanpa kita sadari setiap mengoperasikan ac kita ikut menghisap debu yang menempel di evaporator itu. Untuk mengurangi debu menempel terlalu tebal pada evaporator, mobil mobil produksi terbaru sudah terpasang CABIN FILTER yang menyaring debu sebelum udara di tiup blower ke evaporator. Untuk perawatan, Cabin Filter sebaiknya di ganti setiap 4 – 6 bulan sekali. Adanya CABIN FILTER menyaring debu sebelum ke evaporator membantu kebersihan evaporator dan menjadikan Ac lebih Sehat.

INFO KHUSUS untuk pengendara Mobil  2004 sampai 2008, mobil tsb belum di lengkapi CABIN FILTER pada unit blower Ac nya. Kami AUTO ROTARY Bengkel khusus Ac Mobil menawarkan harga khusus dan Discount khusus untuk member untuk pemasangan KYOTO CABIN FILTER yang pasti sangat bermanfaat untuk kebersihan evaporator dan pastinya menjadikan KESEHATAN lebih terjamin.






0 comments: